Wednesday, April 3, 2013

Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Laki-laki ... Benarkah?


Assalamu'alaikum wr. wb.

Gara-gara kemaren malem ada yang ber-statement "apa kamu tulang rusuk-ku yang hilang?" akhirnya kepikiran jadi pengin bahas tentang ini sekarang.
Pasti udah banyak yang tau soal pembahasan ini bisa sebagai Reminder yah, kalau yang belum tau boleh disimak :) .

Tentu kita sering mendengar hadist yang diriwayatkan Bukhari dan muslim berikut ini :

" Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.“(HR. Bukhari  dan Muslim)

Atau dari Surah An-Nisa` dibuka dengan ayat:
“Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya, dan dari keduanya Dia memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.” (An-Nisa`: 1)
Ayat ini merupakan bagian dari khutbatul hajah yang dijadikan oleh Rasulullah n sebagai pembuka khutbah-khutbah beliau. Dalam ayat ini dinyatakan bahwa dari jiwa yang satu, Allah k menciptakan pasangannya. Qatadah dan Mujahid rahimahumallah mengatakan bahwa yang dimaksud jiwa yang satu adalah Nabi Adam q. Sedangkan pasangannya adalah Hawa. Qatadah mengatakan Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam. (Tafsir Ath-Thabari, 3/565, 566)
Dalam hadits shahih disebutkan:
إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلْعٍ، وَِإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلْعِ أَعْلاَهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهُ كَسَرْتَهَا، وَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اسْتَمْتَعْتَ وَفِيْهَا عِوَجٌ
“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.” (HR. Al-Bukhari no. 3331 dan Muslim no. 3632)
Al-Imam An-Nawawi t berkata, “Dalam hadits ini ada dalil dari ucapan fuqaha atau sebagian mereka bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam. Allah k berfirman: dan Nabi n menerangkan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk. Hadits ini menunjukkan keharusan berlaku lembut kepada wanita, bersikap baik terhadap mereka, bersabar atas kebengkokan akhlak dan lemahnya akal mereka. Di samping juga menunjukkan dibencinya mentalak mereka tanpa sebab dan juga tidak bisa seseorang berambisi agar si wanita terus lurus. Wallahu a’lam.”(Al-Minhaj, 9/299)

Dari kedua petunjuk di atas menceritakan bahwa seorang perempuan (Hawa) diciptakan dari tulang rusuk laki-laki, dengan bahasa kerennya costa nah yang sering jadi pertanyaan kita :
>> Apakah benar wanita dari tulang rusuk laki-laki? Bagian mana?
>> Sebelah mana?
>> Terus terkadang timbul pertanyaan yg aneh bin ajaib berarti tulang rusuk laki-laki hilang satu dong !!! Di bagian mananya??

Rasulluloh mengatakan, "Nasihatilah perempuan dgn cara yg baik. Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik" (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi)

Untuk lebih jelasnya, wanita terbentuk dari mana, cermati pula firman Alloh di bawah ini :
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan Alloh ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Alloh menjadikannya diantara kamu rasa kasih dan sayang ..." (Ar-Ruum 21).
Dari surat Ar-Rumm sudah jelas bahwa wanita terbentuk dari jenis yg sama dgn laki-laki, yaitu sesuai dengan Qs. Al-Mu'minun ayat 12-13 (baca sendiri ya  ^^), dijelaskan bahwa manusia tercipta dari tanah dgn beberapa tingkatannya. Sudah jelas bahwa yang tercipta dari tulang rusuk laki-laki adalah hawa seorang. Setelah tahu wanita terbentuk dari tanah, lalu mengapa hadist itu tetap bernyanyi di telinga kita, sampai-sampai kita mengumpamakan seorang laki-laki adalah sang pemilik tulang rusuk. Nah disini akan kita cermati tentang suatu kebenaran antara wanita dengan costa alias tulang rusuk.


Bengkok = sifat negatif ???
  • Dari Hadist di atas Mengapa Nabi mengungkapkan kalimat tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas?
Itu artinya makin ke bawah akan makin kita temukan kebengkokannya semakin berkurang? artinya Alloh ambil dari bahan tulang rusuk Adam yg paling sedikit kebengkokannya, sebagai bentuk ke Maha Tahuan Alloh atas kelemahan kaum lelaki yang tentu akan sangat sulit apabila diamanahi untuk meluruskan bagian yg paling bengkok. karena itu dipilihkan bagian terbawah, yang kebengkokannya paling sedikit agar upaya meluruskannya pun jauh lebih mudah..
  • Indahnya kata-kata Rasululloh yang menyebutkan agar kaum lelaki memperlakukan kaum perempuan dengan sebaik-baiknya
  • Jika diluruskan sekaligus pasti akan mematahkannya namun apabila dia dibiarkan dalam keadaan bengkok maka mereka akan tetap dalam kebengkokannya (kenegatifannya, sifat wanita yang merusak)
  • "Barangsiapa yg dikaruniai oleh Alloh wanita yang sholehah, maka dia telah dibantu dalam sebagian agamanya; maka bertakwalah pula kepada Alloh dalam sisanya yang sebagian." seorang laki-laki sholeh (1/2) yang beristerikan wanita sholehah (1/2), berarti telah menggenapkan separuh dari agamanya.
                1/2 + 1/2 = 1

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada makna tersendiri wanita diciptakan dari tulang rusuk.
Karena fungsi tulang dalam tubuh manusia tak ubahnya seperti fungsi wanita
  1. Tulang Pipih: 2 lempeng keras yang menggambarkan wanita keras kepala terdiri dari tulang spon yg menggambarkan bahwa wanita kadang rapuh  dan isi sumsum tulang (pabrik eritrosit) sebagai perkembangbiakan, dan itu penting untuk generasi selanjutnya.
  2. Tulang keras (osteon) : keras, kaku;, dan yang paling penting wanita itu tahan banting
  3. Tulang lunak fibrosa : elastis, bisa berubah menyesuaikan diri tapi agak susah,
  4. Osteoblas sebagai pembentuk, artinya wanita mempunyai peran pendidik anak sebagai madrasah pertama.
  5. Osteosit (dewasa): kepribadian matang, sebagai penasihat;
  6. Osteoklas (penghancur): perusak peradaban/penggoda
  7. Sebagai Penyokong: mendukung suami/keluarga, dibalik laki-laki hebat, ada seorang perempuan hebat dibelakangnya, saling melengkapi. Penyokong memainkan peranan utama dalam gerakan yang sempurna. Penyokong yang baik memungkinkan organisme bergerak dengan lebih lincah.
  8. Beri bentuk tubuh: cantik, good looking
  9. Pelindung organ dalam: pelindung harta dan kehormatan suami, pelindung anak-anak
  10. Respirasi: untuk bernafas, bagian vital, dimaksudkan seorang laki-laki tidak tahan hidup sendiri.
  11. Sistem gerak: pendorong berjalannya ekonomi keluarga, partner kerja suami
  12. Perlekatan otot: tempat anak-anak bergantung, pemelihara anak
Allah telah memberikan kekuatan pada perempuan, karena ditangannya akan terlahir penerus keturunan.
Anak yg baik terlahir dari kehebatan seorang ibu yg mengasuh dan membesarkannya.
Di balik kesuksesan suami, ada istri yang hebat yang mendampinginya.
Sejatinya wanita harus di perlakukan dgn baik, agar jiwanya terbangun dengan kasih sayang dan kesabaran. Kasih dan sayang sepanjang waktu dalam mendampingi anak-anak dan keluarganya tanpa perasaan tersakiti. Sehingga di harapkan perempuan dapat menjalankan fungsinya dgn baik di dalam keluarga maupun masyarakat.

Nah.. dari sebuah celetukan akhirnya aku bisa belajar hal baru lagi dari pembahasan ini. Semoga kita semua bisa menjadi wanita-wanita sholehah yah, dan semoga artikel ini bermanfaat :) .


Sumber :




No comments:

Post a Comment