- Definisi Marketing PR
Marketing public relations adalah proses merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan
pelanggan melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel. Seperti
halnya iklan, hubungan masyarakat (public relations) juga menjadi kiat
pemasaran penting. Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara konstruktif
dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, namun juga harus berhubungan dengan
kumpulan kepentingan masyarakat besar. Banyak perusahaan kini membentuk Divisi
Marketing Public Relations untuk mempromosikan dan menjaga citra perusahaan
atau produknya. Dengan mengikuti training ini, diharapkan para peserta dapat
memahami strategi dan teknik-teknik menjalankan Marketing Public Relations
secara efektif dan terintegrasi guna memperoleh hasil maksimal.
- Pengertian
Public Relation Menurut Para Ahli :
a. Public Relation adalah fungsi
manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan
lembaga swasta atau publik (umum) untuk memperoleh pengertian, simpati dan
dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan
penelitian opini publik diantara mereka. (Dasar-dasar Public relation, Drs.
Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.14)
b. Pengertian Marketing berikutnya
dikutip dari William J. Stanton dalam buku Fundamentals
of Marketing. Marketing yaitu
:
“ Marketing is a system: of business
activities Designed to: plan,
price, promote, and distribute Something
of value: want satisfying goods and services To benefit of: the market present and potential
household consumers or industrial user.”
Pendapat tersebut
menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah sistem: dari aktivitas bisnis; desain
untuk: rencana, harga, promosi dan distribusi; sesuatu dari nilai kepuasan
produk-produk dan pelayanan; keuntungan untuk penawaran pasaran dan memegang
potensi konsumen atau pemegang industri.
c. Menurut L.Roy
Blumenthal dalam bukunya “The PRactice of Public Relations’’ menerangkan pengertian purel sebagai
berikut:
‘’seni membina PRibadi seseorang hingga
taraf yang memungkinkan ia mampu menghadapi keadaan darurat dalam kehidupan
sehari – hari, termasuk bidang psikologi. Seni melaksanakan tugas yang sama
untuk bisinis, lembaga, pemerintah dan lain – lain, baik yang menimbulkan
keuntungan maupun yang tidak, termasuk public relation’’.
(The art of building one’s own
personality up to a level where one is able to meet and deal with the
exigencies of everyday living falls into the realm of psychology. The art of
performing the same task for busnis, institutions, goverments and all manner of
other PRofit and nonPRofit groupings is public relatin).
No comments:
Post a Comment