Tuesday, March 26, 2013

Tugas Kuliah di semester 6


  1. Definisi Marketing PR

Marketing public relations adalah proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel. Seperti halnya iklan, hubungan masyarakat (public relations) juga menjadi kiat pemasaran penting. Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara konstruktif dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, namun juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan masyarakat besar. Banyak perusahaan kini membentuk Divisi Marketing Public Relations untuk mempromosikan dan menjaga citra perusahaan atau produknya. Dengan mengikuti training ini, diharapkan para peserta dapat memahami strategi dan teknik-teknik menjalankan Marketing Public Relations secara efektif dan terintegrasi guna memperoleh hasil maksimal.

  1. Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli :

a. Public Relation adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (umum) untuk memperoleh pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.14)
b. Pengertian Marketing berikutnya dikutip dari William J. Stanton dalam buku Fundamentals of Marketing. Marketing yaitu :
“ Marketing is a system: of business activities Designed to: plan, price, promote, and distribute Something of value: want satisfying goods and services To benefit of: the market present and potential household consumers or industrial user.”
Pendapat tersebut menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah sistem: dari aktivitas bisnis; desain untuk: rencana, harga, promosi dan distribusi; sesuatu dari nilai kepuasan produk-produk dan pelayanan; keuntungan untuk penawaran pasaran dan memegang potensi konsumen atau pemegang industri.
c. Menurut L.Roy Blumenthal dalam bukunya “The PRactice of Public Relations’’ menerangkan pengertian purel sebagai berikut:

‘’seni membina PRibadi seseorang hingga taraf yang memungkinkan ia mampu menghadapi keadaan darurat dalam kehidupan sehari – hari, termasuk bidang psikologi. Seni melaksanakan tugas yang sama untuk bisinis, lembaga, pemerintah dan lain – lain, baik yang menimbulkan keuntungan maupun yang tidak, termasuk public relation’’.

(The art of building one’s own personality up to a level where one is able to meet and deal with the exigencies of everyday living falls into the realm of psychology. The art of performing the same task for busnis, institutions, goverments and all manner of other PRofit and nonPRofit groupings is public relatin).

No comments:

Post a Comment